Wagub Apresiasi Pelestarian Budaya Buton

0
101
Wagub  Sultra, berpose dengan wisata asing di acara pameran budaya Buton. Foto: Sultan Darampa/Kendarikendari.com
BAUBAU, KK- Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Mayjen Purnawiran H.Saleh Lasata mengapresiasi upaya masyarakat Buton dalam melestarikan berbagai tradisi kesultanan dan kearifan Buton.

Hal tersebut disampaikan saat membuka pameran budaya Buton yang bertempat di pelataran lapangan Kamali Kara, Keraton Buton, Baubau kemarin.  “Pelestarian budaya dan kearifan lokal yang masing-masing daerah terus dilakukan,” ujarnya.

Bersyukur hingga kini wilayah-wilayah bekas Kesultanan Buton masih mempertahankan nilai-nilai budayanya, bahkan saat beberapa waktu lalu, pihak Kesultanan Buton kembali menobatkan Sultan Buton yang diharapkan bisa kembali mengaktifkan tradisi kesultanan.

“Kita perlu bersyukur bahwa dengan adanya kegiatan pameran budaya seperti ini, berarti munculnya sebuah momen dan kesempatan baru lagi setelah lama vakum untuk membangkitkan kekayaan budaya dan tradisi-tradisi Buton yang sudah mendunia,” jelas wakil gubernur.

Saleh Lasata sebagai Wagub menggantikan Gubernur Sultra Nur Alam yang dari rencana awal akan membuka sejumlah kegiatan umum dalam rangkaian Penobatan Sultan Buton. Selain Wagub, juga hadir dari DPD, sejumlah pejabat teras, malah beberapa turis yang sengaja datang ikut menyaksikan kegiatan pameran budaya.

Menurut Saleh Lasata, digelarnya pameran dan penobatan Sultan Buton, merupakan  salah satu upaya melestarikan tradisi dan budaya Buton yang menjadi kekayaan bersama.

Dalam pameran kali ini selain menampilkan benda-benda purbakala, juga foto-foto dokumen perjalananan panjang mulai dari kerajaan hingga Buton menjadi kesultanan, dan bagaimana Sultan Buton ikut ambil bagian dalam pendirian Republik Indonesia.