TOT Sekolah Lapang Iklim Pertanian Digelar di Sultra

0
108

SULTRANEWS-Adaptasi perubahan iklim dan ketangguhan (APIK) adalah program lima tahun United Stated Agency for International Development (USAID) yang bertujuan meningkatkan kemampuan Indonesia dalam mengelola resiko perubahan iklim dan bencana alam.

Berdasarkan hasil kesepakatan antara USAID dengan pemerintah Republik Indonesia, maka kegiatan pendampingan APIK dilaksanakan pada 3 provinsi yaitu Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, dan Maluku.

Dari hasil Focus Group Discussion (FGD) putaran pertama yang bertemakan “Layanan informasi cuaca dan iklim Provinsi Sultra”, dimana salah satu keputusan dalam FGD tersebut adalah diselenggarakannya ToT Sekolah lapang Iklim (SLI) Pertanian.  Kegiatan ToT SLI Pertanian diikuti peserta dari berbagai instansi antara lain Dinas Pertanian Prov. Sultra, Dinas Pertanian Kota Kendari, Dinas Pertanian Kab. Konawe Selatan, BPTPH, BMKG (Stasiun Iklim Ranomeeto, Stasiun Meteorologi) dan BKSDA.

Narasumber pada acara tersebut adalah BMKG, BPTP Sulawesi Tenggara, akademisi Universitas Haluoleo dan Dinas Pertanian Sultra.

Koordinator Program dan Evaluasi BPTP Sulawesi Tenggara Dr.Ir.Muhammad Alwi Mustaha, M.Si, yang mewakili Kepala BPTP Sulawesi Tenggara sebagai narasumber menyampaikan pemanfaatan data iklim dalam penyusunan sistem informasi Katam terpadu dan inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian di wilayah Sulawesi Tenggara.

BACA :  Tarian Lumense dari Kayangan

Katam terpadu merupakan produk unggulan Kementerian Pertanian yang dikembangkan guna memenuhi kebutuhan stakeholder dan saat ini sudah memasuki versi 2,5. Produk ini dibangun dengan melibatkan para pakar multidisplin dan kerjasama dengan lembaga/instansi antara lain BPS, BMKG, LAPAN, BIG dan lembaga di luar negeri antara lain International Fund for Agricultural Development (IFAD) dan International Research Institute for Climate and Society (IRI).

Setelah paparan materi dilanjutkan kegiatan simulasi cara mengakses Katam terpadu  terpadu dan topik tematik lainnya yang berkaitan inovasi teknologi pertanian khususnya tanaman pangan. (IKA)