Terapkan Smart Parkir PAD Parkir Kendari Hampir Rp 2 miliar

0
225

SULTRANEWS- Walikota Kendari Asrun meluncurkan program parkir tepi jalan yang dibuat Dinas Pendapatan Kota Kendari, bertempat di jalan Abunawas Kelurahan Bende kecamatan Kadia. Dalam sambutannya walikota mengatakan program smart city pemerintah Kota Kendari bisa menunjang pendapatan pemerintah kota Kendari. Ia mencontohkan pada Dinas Pendapatan Kota Kendari yang menerapkan smart parkir.

“Dulunya pendapatan parkir yang dilakukan secara manual sekitar Rp200 juta namun setelah diterapkan program smart parkir pendapatan parkir Kota Kendari sebesar Rp1,9 miliar sekitar Rp2 miliar lah kita bulatkan saja” ujarnya saat meluncu rkan program parkir tepi jalan,Jumat (23/12/2016).

Walikota berharap penerapan smart parkir ini juga bisa mengurangi kebocoran yang terjadi selama ini dan bisa semakin meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Kendari dari sektor parkir. Sementara itu Kepala Dinas Pendapatan Kota Kendari Nahwa Umar mengatakan pengadaan ini menggunakan anggaran sekitar Rp120 juta untuk membeli 5 unit parkir portable sengan sejumlah fasilitas pendukungnya.

“ Awalnya kita mau terapkan alat parkir tepi jalan yang sudah diterapkan di DKI jakarta, namun setelah kami pelajari, biayanya mahal dan pemeliharaannya sulit, sehingga kami menggunakan mesin parkir mobile” kata Nahwa.

BACA :  Waspada, Sisa Kelompok Teroris Santoso Kemungkinan Lari ke Sultra

Ia menjelaskan 5 unit parkir mobile ini akan difungsikan disekitar jl. Abunawas, Tebau Nunggu dan Balaikota sekitar kantor walikota dan taman kota, karena lokasi jalan itu yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota Kendari.

Untuk setiap kendaraan yang parkir dilokasi yang telah ditentukan tadi akan dilayani dengan seorang petugas parkir yang sudah memiliki mobile parkir, kemudian petugas akan menyerahkan kartis yang berisikan nomor polisi dan besarnya biaya parkir Rp3000.

“Untuk tahap awal biaya parkir akan flat sebesar Rp3000, kedepannya akan kita refisi sesuai permintaan pak wali tadi, karena jangan sampir ada mobil yang parkir lama disatu lokasi” tambahnya.