Saat Ramadhan, Volume Sampah di Kendari Meningkat

0
99

SULTRANEWS-Volume sampah saat bulan puasa ramadhan di Kota Kendari meningkat tajam. Di hari biasa setiap bulannya, volume di Kota Kendari hanya mencapai 150 ton per harinya, tapi saat  puasa ramadhan volumenya melonjak tajam. Tercatat, produksi sampah warga kota bulan puasa naik menjadi 180 ton.

Petugas Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup, Nur Rasak, mengungkap, tingginya masyarakat mengonsumsi makanan  selama ramadan menjadi salah satu faktor. “Masyarakat mengklonsumsi  makanan berbuka secara instan yang dikemas dalam plastik. Jadi sisa kemasan itulah yang jadi tumpukan sampah,”ujarnya.

Kondisi ini membuat Pemkot Kendari bekerja lebih ektra. Untuk itu pemkot memaksimalkan jumlah tenaga angkut sampah sebanyak 190 orang dan armada mobil pengangkut sampah 48 unit melakukan kegiatan lapangan.

Bahkan, banyak petugas pengangkut sampah yang mengaku kewalahan karena bekerja pagi hingga siang pun, belum semua sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) bisa terangkut untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Puuwatu. SK

 

BACA :  Ekspedisi Laskar Pelangi di Arktik