Polisi: Amonium Nitrat Bisa Sangat Berbahaya

0
53
Amonium nitrat yang disita petugas. foto: YJ

SULTRANEWS-Amonium nitrat selama ini dikenal sebagai  salah satu bahan  untuk membuat bom, disamping digunakan untuk sebagai pupuk oleh petani. Menurut kepolisian amonium nitrat bisa akan sangat berbahaya, jika disalah gunakan.

Kepala Bidang Humas Polda Sultra, AKBP Sunarto mengatakan, penyalahgunaan amonium nitrat dapat berpotensi menjadi  ancaman dan akan mengganggu keamanan dan ketertiban suatu daerah.

Terkait penyitaan 61 sak amonium nitrat, dari hasil penyidikan polisi terhadap pelaku yang ditangkap, belum ditemukan adanya indikasi pada penyalahgunaan pembuatan bom. Meski begitu, penyitaan barang berbahaya itu, setidaknya dapat meminimalisir penyalahgunaan amonium nitrat oleh warga nelayan.

“Untuk masyarakat,khususnya nelayan yang selama ini masih menggunakan bom untuk menangkap ikan dengan bahan baku amonium nitrat untuk segera menghentikan aktifitasnya, karena, akan ditindak secara tegas sesuai aturan hukum,”tegas Sunarto.

Penyitaan 61 zak amonium nitrat oleh jajaran ditpolair merupakan yang terbesar dalam tahun ini. Amonium nitrat disita dari seorang warga berinisial BH,di Kecamatan Poleang, Kabupaten Bombana dalam sebuah penggrebekan pada tanggal 15 september 2016.

BACA :  Bola Busuk, Wajah Sepak Bola Kita

Dari penyidikan sementara barang bukti amonium nitrat itu diperoleh pelaku dengan cara membeli dari seseorang di daerah Flores NTT. Kasus itu tengah dalam pengembangan penyidikan oleh Ditpolair Polda Sultra.YJ