Kebun Raya Kendari Dilengkapi Camping Ground

0
86
Dokumentasi foto milik Ir.Asrun/Fb

SULTRANEWS-Meluangkan waktu liburan bersama keluarga memang menyenangkan, namun melihat kebiasaan maka banyak orang menghabiskan waktu liburan mereka dengan mendatangi mall, arena bermain seperti waterpark dan atau dengan mencicipi arena kuliner. Nah, bicara soal liburan, pernahkah Anda sesekali mengagendakan camping bersama keluarga tercinta di alam terbuka? Melihat potensi alam Indonesia yang indah maka sebaiknya, menikmati liburan dengan berkemah di alam bebas mungkin patut Anda coba.

Banyak keindahan alam yang bisa Anda nikmati selama liburan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara yakni, dengan berpetualang ke alam bebas, tentu saja dengan atmosfir yang lebih menantang tanpa fasilitas ekslusif tapi tetap aman dan nyaman untuk keluarga, yaitu di camping groundCamping juga bisa menjadi salah satu cara mendekatkan si kecil dengan alam dan biayanya juga pasti lebih murah. Di Kota Kendari kini te ngah dikembangkan area kemping keluarga yang berada di wilayah Kebun Raya Kendari, Nanga-Nanga, Poasia.

Dokumentasi foto milik Ir.Asrun/Fb
Dokumentasi foto milik Ir.Asrun/Fb

Untuk menjawab area camping ground untuk keluarga maka Walikota Kendari Asrun membuat area camping ground yang nantinya akan difasilitasi dengan aneka permainan. Pembangunan camp ground bersamaan dengan pembangun kebun raya kendari mengingat lokasi camp ground berada di area kebun raya tersebut. Menurut Walikota Kendari Asrun, pembangunannya terus dikebut dan dipastikan rampung tahun 2018 mendatang. “Sebenarnya, sesuai jadwal pembangunan kebun raya ini akan selesai pada 2019 mendatang, namun dipercepat menjadi akhir 2018 mendatang,”kata Asrun.

BACA :  Menikmati Lokasi Ngabuburit Kota Baubau

Pembangunan kebun raya  sendiri menelan dana  hingga Rp 64 miliar, termasuk pembangunan fasilitas lainnya. Pihaknya juga berharap anggaran kebun raya ini bisa bertambah. Asrun menilai area camping semula direncanakan masih terlalu sempit sehingga pemkot berencana akan membebaskan lahan bagian bawah dari tempat camping ground ini yang berbatas dengan aliran sungai agar bisa dijadikan sebagai tempat perkemahan dan taman bermain anak.

“Tentu ini sesuatu yang penting untuk ditindaklanjuti Pemerintah Kota kendari agar tempat ini terlihat lebih menarik dan lebih bagus,”ujar Asrun.

Saat ini sejumlah fasilitas sudah terbangun di area kebun raya yang memiliki luas 96 hektar ini seperti gedung kantor pengelola, gedung visitor centre, akses jalan, camping ground, dan pintu gerbang dan tiketing.

Sedangkan untuk pembangunan tahap kedua pada 2017 ini adalah pembangunan gedung konservasi, pembangunan gedung edukasi, wisata pengelola, maintenance centre, arboretum, jalan lingkungan sepanjang 2 kilometer dan lebar 6 meter, dan pembangunan pagar kebun raya. SK