Gerakan Massal Penanganan Kesehatan Hewan Ternak di Konsel

0
47
SUARAKENDARI.COM-Tim peternakan BPTP-Balitbangtan Sulawesi Tenggara bersama Dinas peternakan Kabupaten Konawwe Selatan ( Konsel), Tim Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara  melakukan gerakan massal penanganan kesehatan hewan.  Kegiatan ini merupakan respon atas menurunnya kesehatan ternak khususnya sapi di Desa Tosiba, Kecamatan, Konsel berapa waktu lalu.
Gerakan massal tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Peternakan  Konsel, dengan menurunkan 10 orang tenaga teknis dan didukung oleh 2 orang Dokter Hewan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi  Sulawesi Tenggara  serta 3 orang tenaga teknis  BPTP-Balitbangtan Sulawesi Tenggara.
“Dalam kurun 2 hari sebanyak 700 ekor sapi telah tertangani, dan Insha Allah dua hari ke depan akan tuntas dan terlayani semua”, kata Yusuf.  Selanjutnya yusuf menyampaikan bahwa total populasi sapi di desa Tosiba, kurang lebih 1500, mudah-mudahan pelayanan tersebut membuahkan hasil yang signifikan.
Metode pelayanan dilakukan dengan cara membentuk pusat-pusat layanan di masing-masing dusun. Jenis pekayanan kesehatan yang dilakukan antara lain: pelayanan infeksi cacing hati, cacing lambung, pemberian multi vitamin dan pemberian antibiotik pada ternak yang sakit.
Di hadapan peternak sapi, Ir. Yusuf Usman, MSi, menyampaikan bahwa tanda-klinis serangan penyakit hewan, antara lain :  dalam waktu kurang lebih dua bulan kondisi kesehatan ternak berangsur-angsur menurun (badan menjadi kurus),  diikuti denga diare yang berkepanjangan, 3) bulu terlihat kusam nampak seperti komplikasi serangan cacing hati dan cacing lambung lambat laun terbentuk odema (pembengkakan yang berisi eksudat) pada mulut bagian bawah, selanjutnya muncul gejala kelumpuhan.
“Peternak harus tahu tanda-tanda tersebut sebelum ternak sapi menjadi kurus dan lumpuh” kata Yusuf.
Pada kondisi tersebut biasanya peternak terpaksa menjual murah, sehingga  nilai kerugian ekonomi  mencapai 60-90 persen.  SK/IKA
BACA :  Bupati Konkep Ciptakan Visit Kanopi Wawonii