Generasi Muda Bombana Ikuti Inkubator Agribisnis

0
99

 

SULTRANEWS-Upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan generasi muda, TTP Bombana menyelenggarakan Inkubator Agribisnis Komoditas Unggulan kepada 30 orang generasi muda setempat.

Pembekalan tentang Strategi Agribisnis, Produksi, Strategi Pemasaran, Analisis Kelayakan Usaha dan Pengembangan Jaringan Bisnis disampaikan langsung Pendamping Inkubator Agribisnis Ir Suharno MS.

Menurut Penanggung Jawab Kegiatan Didik Raharjo SP, Tujuan Inkubator Agribisnis adalah mencetak kader militan dalam agribisnis di TTP Bombana.

Dalam Inkubator tersebut dibagi menjadi 4 kelompok yang dipandu Sri Bananiek SP MP dan Yuliani Zainuddin.SP.

Sebagai kelanjutan Inkubator Agribisnis maka minggu depan akan dilaksanakan pembuatan produk dari masing masing kelompok, sekaligus pemasaran hasil. “Diharapkan selesai Inkubator Agribisnis telah dihasilkan produk yang mampu terpasarkan secara luas,”kata Didik.

Adapun rencana usaha yang  disusun dalam diskusi kelompok yaitu Usaha Kripik Pisang Organik, Usaha Dempo Pisang Aneka Rasa, Usaha Ikan Penjang, Usaha. Abon Udang dan Penggemukan Sapi.

Kendala yang dihadapi adalah soal pemasaran terutama pengangkutan pengangkutan produk ke luar.

Saat diskusi digelar, hal yang mengemuka adalah soal prinsip usaha agribisnis yang dilakukan menganut azas cost minimum profit maksimum. Dimana, produk makanan yang dihasilkan memiliki masa kadaluwarsa antara 2 sampai 4 minggu dan tanpa pengawet dan kemasan yang diminati yaitu aluminium foil.

BACA :  Sepenggal Kisah dari Ekspedisi Pencarian Goa Terbesar di Sulawesi (Bagian Dua)

Ramlah, salah satu  peserta menyatakan, bahwa, kegiatan Inkubator Agribisnis baru pertama kali diikuti dan dirasakan menarik untuk dilanjutkan, namun kendala utamanya adalah masalah permodalan.(Harno)