Dialog Publik Terkait Peran Mahasiswa

0
243

SULTRANEWS-Lembaga Diskusi dan Kajian Jurnalis (LDKJ) menilai adanya perubahan yang terjadi kepada mahasiswa saat ini. Padahal, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki kriteria yang tetap pada pendiriannya dan tidak ditekan. Untuk itu, agar peran mahasiswa yang seharusnya sebagai agen pembaru dan kontrol sosial bisa tetap bertahan, maka LDKJ menyelenggarakan sebuah diskusi publik yang menghimpun utusan-utusan mahasiswa yang ada di Kota Kendari.

Direktur LDKJ, Jumual Saleh mengatakan bahwa pihaknya sengaja menyelenggarakan diskusi tersebut agar bisa mengetahui apa yang menjadi keluh kesah mahasiswa dan bisa membahas terkait solusi yang akan diberikan. “Diskusi yang kami selenggarakan hari ini memang berlatar belakang dari perkembangan pergerakan mahasiswa yang kami nilai sudah mengalami pergeseran nilai,” katanya.

Menurutnya ada beberapa hal yang menyebabkan perubahan pada mahasiswa yakni terkait regulasi yang saat ini ada pada pemerintah yang dinilai cukup mengekang serta perkembangan globalisasi yang menyebabkan ketertarikan pada materialisme, hedonisme.

Ia berharap melalui diskusi hari itu bisa membuka pemahaman kepada mahasiswa akan pentingnya posisi mereka (mahasiswa,red) sebagai agen pembaru dan kontrol sosial, sehingga tidak mudah terpengaruh dengan adanya aturan atau regulasi pemerintah yang mengikat dan era globalisasi melainkan bisa selalu menjadi sosok yang komitmen. (LINA)

BACA :  Kendari Kembangkan Abalon Sebagai Komoditi Utama